Saturday, July 2, 2011

BRAN CASTLE

Bran Castle (Dracula Castle Di Rumania)

Castel Bran Rumania
Castel Bran Rumania
Metrotainment.net – Siapa yang tidak tahu tentang legenda menyeramkan tentang makhluk penghisap darah yang disebut “drakula”.
Legenda ini bahkan sering dibuat untuk film – film horror garapan sutradara terkenal Hollywood. Tetapi apakah anda tahu bahwa sebenarnya film – film itu di inspirasi dari sebuah kastil yang berada di Transylvania, Rumania yang disebut kastil “Bran”.
Kastil Bran telah memiliki reputasi sebagai salah satu dari monumen terkenal dengan arsitektur bergaya era pertengahan, dikenal oleh wisatawan seluruh dunia sebagai “Kastil Drakula”.
Kastil Bran telah memiliki reputasi sebagai salah satu dari monumen terkenal dengan arsitektur bergaya era pertengahan, dikenal oleh wisatawan seluruh dunia sebagai “Kastil Drakula”.
Bran Castle (Entrance)
Bran Castle (Entrance)
Di Rumania terkenal dengan bangunan yang mempunyai banyak bangunan yang tua dan mempunyai arsitektur yang indah. Kastil Bran ini menjadi salah satu bangunan yang memiliki sejarah penting dan sangat terkenal di seluruh dunia. Kastil yang mempunyai jumlah 17 ruangan ini, merupakan salah satu properti termahal di Rumania, dengan mempunyai nilai jual sekitar 140 juta dollar.
Kastil ini sendiri dibangun pada tahun 1212 oleh perkumpulan pedagang dari kota Brasov. Tujuan dibangun kastil ini pada mulanya untuk memenuhi kepentingan kapal-kapal yang melewati ngarai kecil Rucar-Bran yang melintasi pegunungan Carpathian.
Pada tahun 1920an, Kota Brasov memberikan kastil Bran kepada Ratu Rumania, Maria. Tujuan dari pemberian kastil ini adalah sebagai tanda terima kasih atas kontribusi Ratu Maria terhadap negara. Beliau telah memugar dan mewariskannya kepada putrinya, Putri Ileana.
Castel Bran Aka Dracula Castle
Castel Bran Aka Dracula Castle
Pada tahun 1948, ketika kerajaan Rumania berhasil diruntuhkan oleh tentara Uni Soviet, kastil ini diambil oleh pemerintah Rumania pro-Soviet dan dibuka untuk umum pada tahun 1956.
Kastil ini dibuat menjadi sebuah galeri museum sejarah seni abad pertengahan.
Karena kelalaian dari para pejabat yang mengatur di Kastil ini selama bertahun – tahun, kastil ini mengalami kerusakan yang sangat parah dan akhirnya mengalami pemugaran secara besar – besaran pada tahun 1987 dan tahun 1993.
Sesudah rezim Komunis hilang dari Rumania, pada tahun 1989, keluarga Hadsburg yang merupakan pemilik asli kastil itu mengajukan gugatan hukum untuk mendapatkan kembali kastil ini.
Setelah bertahun – tahun berjuang akhirnya gugatan itu berhasil dimenangkan oleh keluarga Hadsburg dan mendapatkan kastil ini kembali.
Keluarga Hadsburg bermaksud untuk menjadikan kastil ini museum berkualitas tinggi yang terbuka untuk umum.
Castel Bran Aka Dracula Castle Rumania
Castel Bran Aka Dracula Castle Rumania
Sebenarnya popularitas Kastil Bran ini bukan dari sejarah peperangannya. Kastil ini menjadi terkenal setelah seorang penulis bernama Bram Stoker menulis novel terkenalnya berjudul “Dracula”, dimana tokoh utamanya adalah Pangeran Dracula, yang juga dikenal sebagai “Vampir dari Transylvania.”
Sebenarnya tokoh di novel Bram Stoker ini tidak pernah ada, baik di dalam sejarah Rumania maupun di dalam cerita rakyat Rumania. Tokoh Drakula ini, sebetulnya, terinspirasi oleh sisi kelam kepribadian tokoh sejarah Rumania yang bernama Pangeran Vlad Tepes. Pangeran ini memerintah kota Vallachia, daerah bagian Rumania, selama abad ke-15.
Ia diingat karena hukuman keji dan sadis yang ia lakukan terhadap pasukan Turki, yakni setiap tentara musuh yang tertangkap ditusuk dengan tombak dan dibiarkan agar mereka meninggal secara perlahan-lahan.
Hal ini yang membuat Vlad mendapat julukan sebagai “Vlad si Penombak”. Ternyata Vlad melakukan hukuman kejinya ini sebagai ajang balas dendam atas penganiayaan yang ia terima selama masa kecilnya ketika di Turki. Ia juga memerintah Vallachia dengan tangan besi.
Dracula Castle (Bran Castle) Rumania
Dracula Castle (Bran Castle) Rumania
Kisah Vlad yang menjelaskan karakter dasar dari tokoh Drakula telah berlalu, tetapi hubungannya dengan kastil Bran ini masih saja tetap tidak jelas. Kastil Bran yang disebut juga sebagai Kastil Drakula oleh wisatawan asal Barat yang berkunjung ke Rumania dalam rangka pencarian Drakula.
Mereka sangat dikejutkan oleh bagaimana pintu masuk menuju rumah besar Transylvanian menyerupai kastil seperti yang digambarkan oleh Stoker dalam karya novelnya. Karena hal inilah yang menyebabkan kastil Bran disebut kastil Drakula.

No comments: