Social Icons

Saturday, August 11, 2012

AKUNTANSI MANAJEMENT- perencanaan dan pengendalian


PERENCANAAN DAN PENGENDALIAN


PENDAHULUAN
1.      Latar Belakang
Dalam suatu perusahaan atau organisasi yang didirikan pastilah memiliki suatu tujuan yang ingin dicapai dengan cara yang efektif dan efisien. Pencapaian tujuan tersebut memerlukan perencanaan dan pengendalian kegiatan-kegiatan kerja yang baik. Dari perencanaan dan kegiatan yang baik diharapkan mampu membantu dan mempermudah organisasi dalam mencapa  tujuannya secara efektif dan efisien. Oleh karena itu setiap organisasi diharapkan menyusun anggaran, karena penganggaran itu penting untuk membuat perencanaan dan mengendalikan kegiatan perusahaan. Pengendalaian dan perencanaan harus disusun secara teliti,penuh pertimbangan dan serta disesuakaan dengan kondisi perkembangan yang terjadi saat ini.
Perlunya anggaran bagi manajemen adalah dapat menjabarkan perencanaan, pengawasan, pengendlian, koordinasi dan sebagai pendomankerja secara sistematis, juga digunakan untuk mengetahui penyimpangan penyimpangan yang terjadi dan terpenting untuk meningkatkan tanggung jawab dari masing-masing karyawan atas pekerjaan yang menjadi kewajibannya.
2.      Rumusan Masalah
a.       Apa yang dimaksud annggaran perencanaan dan pengendalian dan mannnfaatnya bagi manajer?
b.      Apa itu anggaran induk dan bagaimana cara mempersiapannya, bagaimana komponen komponen utamanya?
c.       Apa pengertian anggaran fleksibel dan sebutkan fitur fitur yang dimilliki sebuah sitem penganggaran?
d.      Bagaimana cara kerja anggaran berdasarkan aktifitas?
3.      Tujuan
a.       Memahami apa yang dimaksut perencanaan dan pengendalian dan manfaatnya bagi manajer.
b.      Mengetahui  pengertian dan persiapan anggaran induk, beserta komponen komponen utaaamanya.
c.       Mengetahui anggaran fleksibel dan sebutkan fitur fitur yang seharusnya dimilliki sebuah sitem penganggaran agarmendorong para manager untuk menerapkan prilaku yang sesuai tujuan.
d.      Menjelaskan cara kerja anggaran berdasarkan aktifitas.

PEMBAHASAN

A.    Perencanaan dan pengendalian            
Perencanaan   adalah pandangan kedepan untuk melihat tindakan apa yang seharusnya dilakukan agar dapat mewujudkan tujuan tujuan tertentu. Sedangkan pengendalian adalah melihat kebelakang,menentukan apakah yang sebenarnya telah terjadi, dan membandingkan dengan hasil yang direncanakan sebelumnya. Sehingga para menejer dapat menggunakan perbandingan tersebut untuk menyusun anggaran yang sesuai dimasa depan.
      Komponen-komponen kunci dari perencanaan adalah anggaran, yaitu rencana keuangan untuk  masa depan, yang dimana rencana tersebut mengindentifikasi tujuan dan tindakan yang diperlukan untuk mencapai tujuan tersebut. Sebuah organisasi harus mengembangkan rencana strategis terlebih dahulu sebelummempersiapkan anggaran. Rencana strategis mengidentifikasi strategi strategi untuk aktivitas dan operasidimasa  depan, setidaknya lima tahun ke depan.

Perencanaan                                      pengendalian
Rencana  Strategis
Tujuan Jangka Panjang
Tujuan jangka Pendek
Upan Balik
Rencana Jangka Pendek
Pengawasan  Aktivisan Aktual
Anggaran
Perbandingan  antara Actual dengan yang Direncanakan
Corrective Action
Investigation
 























B.     Fungsi dan Manfaat anggaran
Beberapa funGsi anggaran
1.      Alat perencanaan, agar organisasi tahu apa yang harus dilakukan dan ke arah mana kebijakan dibuat
2.      Alat pengendalian, untuk menghindari pengeluaran yang terlalu besar atau penggunaan dana yang tidak semestinya
3.      Alat kebijakan, agar organisasi dapat menentukan arah atas kebijakan tertentu
4.      Alat politik, Merupakan komitmen pengelola dalam melaksanakan program-program yang dijanjikan
5.      Alat koordinasi dan komunikasi, agar bagian/unit kerja yang lain dapat mengetahui apa yang harus dilakukan dan apa yang akan dilakukan
6.      Alat penilaian kinerja, merupakan ukuran apakah suatu bagian/unit kerja telah memenuhi target yang ditetapkan
7.      Alat motivasi, alat komunikasi yang dijadikan nilia-nilai nominal yang tercantum dalam target pencapaian
Beberapa manfaat anggaran untuk suatu organisasi:
1)   Memaksa para manager untuk melakukan perencanaan.
2)   Menyediakan informasi yang dapat digunakan untuk memperbaiki  pengambilan keputusan.
3)   Menyediakan standar evaluasi kinerja.
4)   Meperbaiki komunikasi dan koordinasi.

C.    Persiapan Anggaran Induk
Anggaran induk (master budget) adalah rencana keuangan komperehensif bagi seluruh organisasi keseluruhan. Pembuatan anggaran induk biasannya dilakukan dalam periode satu tahunan sesuai dengan tahun fiskal perusahaan.Anggaran tahunan terpecah menjadi anggaran kuartal  dan bulanan, penggunaan periode waktu yang lebih kecil memungkinkan pembandingan data actual dengan data yang direncanakan lebih sering sehingga masalah dapat diketahui an di selesaikan lebih awal.

Komponen komponen anggaran induk
a.       Anggaran operasional (operationa budget) mendipkripsikan aktifitas menghasilkan pendapatan bagi suatu perusahaan: penjualan, produksi,dan persediaan barang jadi.  Hasil akhir anggaran operasional adalah suatu performa atau perkiraan laporan laba rugi.
b.      Anggaran keuangan (financial budget ) melakukan perincianaliran masuk dan keluar kas, serta posisi keuangan secara umum.
Persiapan Anggaran Operasional :
1)      Anggaran penjualan
adalah "Anggaran yang menerangkan secara terperinci tentang penjualan perusahaan dimasa datang dimana didalamnya ada rencana tentang jenis barang, jumlah, harga, waktu serta tempat penjualan barang.
2)      Anggaran produksi
Anggaran produksi adalah anggaran penjualan yang disesuaikan terhadap perubahan persediaan.
Penyusunan anggaran produksi tergantung pada anggaran penjualan. Dalam kondisi pasar persaingan sempurna, anggaran penjualan merupakan acuan utama untuk menyusun anggaran produksi.

3)      Anggaran pembelian bahan bahan baku langsung.
pengertian anggaran ini ialah: anggaran yang merencanakan secara lebih terperinci jumlah unit bahan mentah yang diperlukan untuk penyelenggaraan proses produksi secara periode yang akan datang, sebagai dasar untuk penyusunan budget pembelian bahan mentah dan budget biaya bahan mentah

pembelian (dalam unit) dapat di hitung sebagai berikut.
Pembelian= bahan baku langsung yang dibutuhkan untuk produksi + bahan baku langsung yang diinginkan dalam persediaan akhir – bahan baku langsung dalam persediaan awal

4)      Anggaran tenaga kerja langsung
Secara struktural, anggaran tenaga kerja harus sesuai dengan struktur rencana tahunan, oleh karena itu anggaran ini harus menunjukkan biaya dan jam kerja langsung menurut tanggung jawab, menurut waktu, dan menurut produk.
5)      Anggran overhead
anggaran biaya yang berisikan biaya-biaya selain dari biaya bahan baku dan tenaga kerja, yang ada pada proses produksi di perusahaan.
6)      Anggaran beban penjualan dan administrasi
Menguraikan pengeluaran yang di rencanakan untuk aktivitas non produksi, beban penjualan dan adminitrasi dapat di bagi dalam komponen tetap dan variable.

7)      Anggaran persediaan akhir barang jadi
Pada dasarnya jenis pesedian kalau dilihat dari sifat operasi perusahaan akan dapat dibedakan atas:
a. Persediaan pada perusahaan dagang
Perusahaan dagang merupakan perusahaan yang kegiatannya membeli barang untuk kemudian menjualnya kembali tanpa melakukan perubahan yang prinsipil terhadap barang itu. Persedian yang ada dalam perusahaan degang lazim dinamakan dengan persediaan barang degangan atau merchandise inventory yang dimaksud dengan merchandise inventory adalah :
Persedian barang yang selalu dalam perputaran, yang selalu dibeli dan dijual, yang tidak mengalami proses lebih lanjut di dalam perusahaan tersebut yang mengakibatkan bentuk dari barang yang bersangkutan
b. Persediaan pada perusahaan industri
Perusahaan industri merupakan perusahaan yang kegiatannya merubah atau menambah daya guna bahan baku menjadi bahan baku atau barang jadi.

8)      Anggaran harga pokok penjualan

Persiapan Anggaran Keuangan:
1)      Anggaran kas
Anggaran kas adalah anggaran yang memerinci taksiran penerimaan dan pengeluaran uang tunai dalam suatu kurun masa yang akan datang sebagai alat untuk memelihara likuiditas. Dalam rangka manajemen kas, kekurangan uang tunai diantisipasi dan harus diambil keputusan sebelumnya untuk mencari sumber dana dan mendapatkan suntikan tunai guna mencukupi kewajiban tunai. Kelebihan uang tunai diantisipasi untuk keperluan investasi setengah tunai yang mudah dicairkan bila diperlukan sewaktu-waktu.
2)      Anggaran neracca.
Anggaran neraca adalah anggaran yang memerinci taksiran keadaan aktiva atau asset dan pasiva atau kewajiban serta kekayaan bersih dalam suatu kurun masa yang akan datang. Dalam manajemen keuangan anggaran neraca digunakan untuk memelihara struktur keuangan yang seimbang di antara aktiva dan pasiva dan di antara modal sendiri dan modal pinjaman, demi kredibilitas dan kelangsungan hidup lembaga dalam jangka panjang.

3)      Anggaran untuk pengeluaran modal
Pengeluaran untuk pembelian barang modal sering juga disebut budget barang modal. Pembuatan budget barang modal merupakan proses perencanaan dan pengendalian pengeluaran strategis (jangka panjang) dan taktis (jangka pendek) untuk pemuasan dan penciutan investasi atau aset tetap.
Anggaran Fleksibel/Flexible Budget
Anggaran fleksibel merupakan anggaran yang bersifat dinamis, dimana didalamnya memuat anggaran dari beberapa aktivitas. Lazimnya, penyusunan anggaran fleksibel selalu dikaitkan dengan overhead pabrik, dan biaya overhead pabrik itu sendiri meliputi overhead pabrik variabel dan overhead pabrik tetap. Mengapa anggaran fleksibel tidak banyak dikaitkan dengan biaya bahan langsung dan biaya tenaga kerja langsung, jawabannya karena biaya bahan langsung dan biaya tenaga kerja langsung adalah jenis biaya variabel dan tidak ada unsur biaya tetap apalagi semi variabel, jadi dalam perhitungannya sangat sederhana.

Anggaran Statis
Pada perusahaan yang menggunakan anggaran sebagai alat pengendalian pengeluaran maka keberadaan anggaran menjadi sangat urgent. Anggaran Statis merupakan anggaran yang direncanakan untuk membiayai sejumlah aktivitas tertentu dimana cakrawala waktu yang digunakan hanya suatu saat tertentu saja. Berdasarkan aktivitas terpilih dimana aktivitas ini bisa dihitung dari jam kerja langsung, jam mesin atau lain sebagainya, kemudian ditentukan anggarannya.

Diistilahkan statis karena anggaran itu tidak terbuka peluang untuk dirubah kembali karena sekali sudah ditetapkan maka secara definitif sudah berlaku dan tidak boleh direvisi lagi. Evaluasi terhadap anggaran dapat dilakukan dengan membandingkannya terhadap realisasi setelah periode anggaran selesai.
Dimensi perilaku dari anggaran
a.       Umpan balik yang sering atas kerja.
b.      Insentif uang dan bukan uang.
c.       Anggaran partisipatif.
d.      Standar yang realities.
e.       Keterkendalian biaya.
f.       Berbagai ukuran kinerja.
Anggaran berdasarkan aktivitas
a.       Anggaran aktivitas statis yaitu aktivitas yang menimbulkan biaya mengonsumsi sumber daya dan sumberdaya yang di konsumsi bergantung pada permintaan output aktivitas
b.      Anggaran fleksibel (aktivity flexible budgeting) aktivitas adalah prediksi biaya aktivitas nantinya jika terdapatperubahan pada output aktivitas
Contoh soal
Latihan1:
Young produck memproduksi rak mantel,  Beriku proyeksi penjualan untuk kuartal pertama tahun mendatang serta persediaan awal dan akhir.
Rak mantel di cetak, selanjutnya dicat. Setiap rak membutuhkan empat pon logam yang bernilai $2.50 per pon. Persediaan awal bahan baku adalah 4000 ppo. Young produckingin memiliki 6000 pon logam dalam persediaan diakhir kuartal tersebut. Tiap rakyang di produksi membutuh kan 30 menit jam tenaga kerja langsung yang dibebankansebesar $9 per jam.
 Diminta:
1.    Siapkan anggaran penjualan untuk kuartal pertama!
2.    Siapkan anggaran produksi untuk kuartal pertama!
3.    Siapkan anggaran pembeliaan bahan baku langsung untuk kuartal pertama!
4.    Siapkan anggaran tenaga kerja langsung untk kuartal pertama!
Solusi:
Latihan2: anggaran kas
Rogier inc. Berharap menerima kas dari penjualan $45.000 pada bulan maret. Selain itu, Rogier berharap menjual sebuah bangunan bernilai $3.500. pembayaran untuk bahan baku dan perlengkapan di perkirakan bernilai $10.000, gaji tenaga kerja langsung akan senilai $12.500, dan pengeluaran lain dianggarkan sebesar $14.900. Pada 1 maret , saldo akun kas adalah $1.230.
Diminta:
1.    Siapkan anggaran kas bagi rogier, inc untuk bulan maret?
2.    Asumsikan rogier, inc. menginginkan saldo minimumkas $15.000 dan perusahaan tersebut dapt meminjam dari bank dalam kelipatan $1.000 ddengan tariff bunga 12% per tahun. Berapakah besar nilai saldo akhir pada bulan maret setelah disesuakan? Berapa banyak bunga utang rogier pada bulan april dengan anggapan seluruh jumlah yang di pinjam padabulan maret akan di bayar kembali?

Solusi












KESIMPULAN
Perencanaan   adalah pandangan kedepan untuk melihat tindakan apa yang seharusnya dilakukan agar dapat mewujudkan tujuan tujuan tertentu. Sedangkan pengendalian adalah melihat kebelakang,menentukan apakah yang sebenarnya telah terjadi, dan membandingkan dengan hasil yang direncanakan sebelumnya.
            Dalam organisasi dan perusahaan anggaran sangat dibutuhkan untuk sebagai alat untuk pengawasan dan pengendalian dan juga untuk esiensi dan efektifitas dana suatu organisasi. Anggran juga mempunyai beberrapa komponen dantaranya anggaran operational dan keuangan, dan masih terbagi beberapa komponen lagi, dan semuanya saling mempunyai keterkaitan satu sama lainnya,






DAFTAR PUSTAKA
Don R. Hansen and Maryanne. Mowen. Akuntansi Manajerial. Edisi kedelapan. Salemba Empat, Jakarta 2011.
http/c@ndra dwi @ndika. Pengertian pengnggaran dan jenis-jenisnya
http/www.wikkipedia.com















No comments: