Wednesday, April 30, 2014

Keindahan Pantai Ngurtafur di Maluku

pantai Ngurtafur terletak di Kepulauan Kei, Maluku Tenggara. Kepulaun Kei sendiri merupakan gugusan pulau yang berada di antara Laut Seram, Laut Banda dan Laut Arafuru. Kepulauan ini terbagi dua yaitu Pulau Kei Besar dan Pulau Kei Kecil.
Pantai Ngurtafur memiliki pantai gosong yang menjorok atau memanjang ke tengah lautan tanpa putus sepanjang 2 km dan lebar 7 meter. Ketika berada di pantai ini, Anda serasa sedang berjalan di tengah lautan luas namun sesungguhnya Anda sedang berjalan di atas hamparan pasir putih halus yang membelah pantai menjadi dua sisi. Tidak hanya itu, air laut di Pantai Ngurtafur sangat bersih dan berwarna biru.

Di pantai ini juga terdapat penyu belimbing yang dikenal dengan nama tabob oleh masyarakat setempat. Penyu jenis ini dilindungi dan memiliki penangkaran di sekitar pantai yang dikelola oleh WWF.  Bahkan, jika beruntung Anda bisa bertemu dengan segerombolan burung australian pelikan yang sedang bermigrasi ke Maluku dari tempat tinggal mereka di Australia dan Papua New Guinea. Pemandangan sekawanan burung pelikan ini merupakan suguhan istimewa ketika Anda menapakkan kaki di Pantai Ngurtafur.
Di pantai jernih yang dihiasi oleh rimbun dan hijaunya pepohonan ini, Anda bisa bersantai merasakan halusnya sentuhan pasir pantai di telapak kaki Anda. Jika mau, Anda juga bisa melakukan kegiatan lainnya seperti berenang dan snorkeling. Sementara pemandangan daratan pantai ini begitu memesona, pemandangan bawah lautnya pun akan memukau mata. Bahkan terumbu karang di pantai ini dapat dilihat langsung dari atas kapal. Berbagai species ikan juga terlihat hilir mudik kian kemari seolah ingin mengajak Anda bermain.
Untuk bisa menikmati berbagai keindahan Pantai Ngurtafur memang membutuhkan perjalanan yang tidak sebentar namun percayalah ketika Anda tiba di pantai ini semua keletihan akan terbayarkan. Karena pantai ini bukan gurauan dan juga bukan khayalan.

Transportasi
Bagaimana caranya mencapai Pantai Ngurtafur? Raihlah terlebih dahulu Bandara Pattimura, Ambon, kemudian lanjutkan ke Bandara Dumatubun Langgur, dengan lama penerbangan1,5 jam. Setelah itu, lanjutkan perjalanan ke Tual  menuju Ngurtafur, Anda bisa menyewa kapal motor di Pelabuhan Debut.

Akomodasi
Ada beberapa penginapan yang tersedia di Ngurtafur, yakni Homestay Evalin di Pantai Ngurbloat dan Philips Homestay di Pantai Ngursamadan. Tapi jika ingin lebih puas melihat pantai, ada Coaster Cottage dengan pemandangan langsung ke laut, biayanya sekitar Rp150-200 ribu. Jangan lupa membawa makanan jika berkunjung ke Ngurtafur, sekeliling pantai tersebut tak ada warung penjual makanan. (ita)
Momen yg tepat berkunjung
Waktu terbaik menuju tempat indah ini adalah antara April hingga Mei dan Oktober hingga Desember. Itu karena cuacanya terbilang sedang cerah dan ombak pantai cenderug tenang.
Dokumentasi:
http://www.indonesia.travel/ 

No comments: