Saturday, October 12, 2013

PANTAI MANDORAK_SUMBAWA BARAT.NTT

Tebing-tebing pantai mandorak-492d
Pantai Mandorak adalah salah satu pantai yang bisa dikatakan sebagai pantai yang “tersembunyi”, memiliki pesona alam yang sangat indah dan cukup tenang. Mandorak beach terletak di desa Pero Batang, kecamatan Kodi, kabupaten Sumba Barat Daya, Nusa Tenggara Timur. Anda bisa menempuh waktu kurang lebih 30 menit dari pero batang menggunakan kendaraan roda dua maupun roda empat. Mandorak juga dijadikan wisata diving oleh wisatawan mancanegara. Sayangnya pengelolaan oleh pemda belum maksimal, resort dan fasilitas lainnya masih dikelolah oleh yayasan watu mandorak yang merupakan milik wisatawan perancis.

Keelokan tebing tebing menambah suasana menjadi semakin sejuk, pantai terlihat lebih deNgan warna toska yang menjadi ciri khas pemandangan pantai ini. Selain itu, terdapat curug yang biasanya digunakan untuk mandi. Banyak sekali akomodasi di pantai ini, salah satunya adalah bungalow atau mandorak bunglow.
Pantainya memiliki hamparan pasir putih yang bersih dan menyala seperti mutiara. Anda akan kerasan untuk berlama-lama di pantai ini. Penduduk lokal biasanya menaruh perahunya di dekat pantai sehabis melaut. Menarik perahu besar mereka berama-ramai agar aman dari gelombang pantai yang bisa menyeret perahu mereka. Menjelang senja, jangan buru-buru meninggalkan pantai, luangkan waktu sejenak untuk melihat megahnya pemandangan sunset di pantai mandorak – Nusa tenggara timur

Salah satu pantai terindah di Nusa Tenggara Timut-Madorak-20c8Pantai Mandorak dapat ditempuh dengan menyewa ojek dari Pero Batang sekitar 30 menit perjalanan. Mungkin memang pantai ini tidak ada dalam daftar tempat wisata atau menjadi destinasi bagi pelancong yang berniat menghabiskan waktu untuk berlibur. Pantai ini benar - benar tersembunyi, susah di capai namun begitu menakjubkan. Pantainya hanya selebar 50 meter dengan posisinya berada dibalik tebing yang curam dan dihubungkan dengan laut hanya dengan "pintu" selebar 3 meter. Untuk mencapainya, saya harus melewati jalan setapak menggunakan motor dan harus berhenti 1 km sebelum menyentuh pantai ini karena hanya bisa dicapai dengan berjalan kaki. Berbekal cerita warga sekitar yang menyebut pantai ini seperti surga, membuat saya terpacu untuk segera mencapai lokasi ini. Dan benar saja, saya dibuat tercengang dengan keindahannya. Pasir putih yang menyala seperti mutiara, deru ombak pecah, dan pemandangan yang luar biasa indahnya membuat saya enggan untuk beranjak dari pantai ini. Sayang pantai seindah ini tidak dikenal oleh masyarakat luas, malah warga asing yang memperhatikan dengan membangun resort diatas pantai ini. Warga sekitar biasa memanfaatkan pantai ini untuk menaruh perahunya setelah selesai mencari ikan di laut. Mereka bergotong royok menarik kapal hingga ke lokasi yang aman dari pasar air laut sehingga kapal tidak terseret gelombang. Pantai ini seperti surga kecil yang susah untuk ditemukan, terbersit keinginan dari hati, biarlah surga - surga kecil ini menjadi hadiah bagi setiap orang yang berpetualang di alam Indonesia. Alam yang kaya raya!

No comments: