Wednesday, February 6, 2013

PANTAI PASIR PADI - BALITUNG




 PASIR PADI BEACH





Pantai Pasir Padi berjarak 7 Km dari Pangkalpinang ibu kota Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Pantai Pasir Padi ini merupakan satu-satunya kawasan wisata paling ramai yang dikunjungi masyarakat kota Pangkalpinang. Pantai Pasir Padi memiliki karakteristik pantai berpasir putih dengan laut biru tenang. di pantai ini sinar pagi sang surya memancar indah setiap hari, sehingga banyak wisatawan baik dari daerah sekitar, dari berbagai daerah diluar pulau Bangka, bahkan dari mancanegara, mengunjungi pantai pasir padi.
Keunikan Pantai Pasir Padi yang memiliki garis pantai sepanjang 100 hingga 300 m adalah ombak yang tenang dan kontur pasir yang padat, putih dan halus. Oleh sebab itu, pantai ini nyaman untuk pejalan kaki bahkan dapat di lalui oleh kendaraan bermotor roda empat maupun roda dua.
Pantai yang mempunyai pemandangan alam yang sangat indah ini berada tidak jauh dari Pulau Punan, yang dapat dikunjungi dengan berjalan kaki ketika air laut surut. Selain itu, juga terdapat Pulau Semujur dan Pulau Panjang yang berada sekitar 2,5 Km di perairan Pasir Padi.
Pantai kunjungan wisata yang paling digemari oleh semua tingkat usia ini sangat nyaman untuk mandi atau berjemur, karena kehangatan air lautnya, dan ketenangan ombaknya. Banyak kelompok pengunjung yang sengaja datang untuk bermain bola kaki di pantai. Bagi pemuda yang mempunyai sifat dinamis pantai ini merupakan surga untuk mengadu ketangkasan dan kecepatan bersepeda motor. Bahkan Ikatan Motor Indonesia (IMI) sering menggelar balapan sepeda motor, sebagai penyaluran jiwa dinamis anak-anak muda penggemar kebut-kebutan di jalan raya. Menjelang senja banyak pengunjung datang sekedar untuk menikmati udara sore dan menyaksikan kemeriahan Pantai Pasir Padi. Pantai Pasir Padi sering menjadi tempat penyelenggara acara keagamaan seperti pechun dan acara-acara lainnya.
Untuk menunjang sektor pariwisata Pantai Pasir Padi, sejumlah akomodasi yang berupa hotel berbintang, dengan fasilitas lengkap, seperti restoran, dan ruang konferensi, pameran dan lain-lain, tersedia. Selain itu warung-warung tradisional yang menyajikan berbagai hidangan laut menambah variasi akomodasi pantai itu.
 Wisata ke pantai, tentu yang dicari adalah air dan deburan ombak. Namun, di Pangkalpinang, Bangka Belitung, ada Pantai Pasir Padi yang tetap cantik saat surut. Panoramanya sangat mengagumkan.
Tidak ada habisnya bila Anda ingin mengeksplor keindahan alam yang ditawarkan oleh Pulau Bangka Belitung. Salah satu sudut yang ingin saya bagi kali ini adalah keindahan Pantai Pasir Padi saat surut.
Mungkin tidak terbayangkan sebelumnya, apabila Anda sudah melihat fenomena pantai yang terjadi secara alami di sini. Pada hari itu, saya berkunjung ke Pasir Padi Bangka untuk pertama kali. Beruntung, cuaca tidak cerah dan tidak juga mendung.
Hal pertama yang saya lakukan adalah bersantap siang sambil menikmati angin pantai yang memanjakan. Benar sekali, pantai ini pas untuk Anda yang ingin berlibur ke suatu tempat saat bukan musim liburan. Apalagi buat traveler yang menyukai ketenangan seperti saya.
Ketika saya berkunjung ke sana, cuaca mendung dan sedikitnya wisatawan yang datang, membuat saya senang karena bisa menikmati pantai tanpa ada suasana ramai. Selain itu, belum banyak terdapat restoran di sini dan dari segi harga makanan juga tidak terlalu mahal.
Selesai bersantap siang di salah satu restoran pinggir pantai, tanpa pikir panjang saya langsung berlari ke arah pantai. Selain cuaca yang tidak terlalu panas, saya melihat Pantai Pasir Padi sedikit surut dan lama-lama semakin surut.
Ada yang unik ketika saya melihat pantai yang semakin surut itu. Ternyata surutnya air pantai membuat saya bisa berada hampir di bagian dalam bibir pantai. Indah sekali. Saya seperti sedang berada di satu pulau kecil, pinggir pantai. Beruntungnya, saya bisa merasakan, melihat, dan mengagumi eksotisnya Pantai Pasir Padi saat surut. Jangankan wisatawan, saat surut mobil juga bisa masuk dan berjalan di bibir pantai.
Menikmati liburan di pantai bukan saja berharap pada cuaca cerah bukan? Mendung juga bisa jadi pemandangan indah nan eksotis, khususnya di Pantai Pasir Padi. Apalagi kondisi pantai yang seolah mengering. Menakjubkan!

http://www.visitbangkabelitung.com

No comments: