Saturday, October 12, 2013

PANTAI PRIGI_TRENGGALEK.JAWA TIMUR

peta pantai prigi-29012Pantai Prigi Trenggaek, Jawa Timur tepatnya terletak di desa Tasikmadu, kecamatan Watulimo, atau sekitar 48 Km arah selatan Kota Trenggalek. Selain menjadi obyek wisata yang sering dikunjungi, pantai Prigi juga merupakan pelabuhan nasional, dimana tempat penangkapan ikan terbesar di pantai selatan pulau Jawa.
Lokasinya berjarak sekitar 48 kilometer di selatan dari jantung kota Trenggalek. Sekitar 4 kilometer di sepanjang pantai ini terlihat nyiur melambai. Di seberang teluk, terdapat sebuah bukit yang menghalang laju ombak.
Pantai berpasir putih kecoklatan ini selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan terutama pada hari libur atau akhir pekan. Terdapat beberapa fasilitas di pantai ini seperti penginapan, rumah makan, warung, cafe, bumi perkemahan, sarana olahraga, playground.
Selain berenang dan bermain air dan pasir di pantai, pengunjung bisa mengarungi ombak pantai dengan menggunakan perahu yang bisa disewa dengan harga sekitar 100 ribu ruiah per perahu, atau kalau dihitung per kepala 10 ribu/orang.
Rata-rata pantai yang terletak di selatan pulau Jawa memiliki ombak yang cukup tinggi, namun tidak demikian dengan pantai Prigi ini, ombak yang datang dari laut dihadang oleh beberapa pegunungan yang berada di kanan kiri pantai sehingga ombaknya relatif kecil.
Jalan yang dilalui sebagian besar sudah beraspal hatmix dengan kondisi baik dan sebagian sedang. Pencapaian dari kota Trenggalek dan Tulungagung melalui kecamatan Durenan Trenggalek dari Bandung Tulungagung dengan jarak ±30 km. Jarak dari Bandung ke goa Lowo ± 8k
. Setelah sampai pada km 8 masuk goa Lowo, dari badan jalan menuju lokasi masuk sekitar 200 meter. Jenis transportasi (sepeda motor, mobil dan bus dapat mencapai lokasi, MPU jenis colt/ bison tersedia mulai dari simpang tiga Durenan dari terminal kota Trenggalek menggunakan mini bus kecil jurusan Trenggalek -Durenan – Bandung – Watulimo turun di desa Watuagung dengan waktu pelayanan transportasi dari pukul 06.00 s.d 17.00 WIB
pantai prigi jawa timur-9201Pantai Prigi merupakan tempat pelelangan dan pengolahan terbesar di pantai selatan Pulau Jawa, sehingga aktivitas ekonomi di daerah ini pun meningkat.
Di sekitar pantai banyak terdapat warung kecil. Walaupun keadaannya masih semrawut, Anda yang menyukai makanan khas Jawa bisa mencicipinya di sini. Beberapa warung bahkan menawarkan cenderamata berupa hasil karya dari kerang.
Di daerah sekitar pantai terdapat berbagai warung ikan laut bakar yang cukup menggugah selera. Jenis ikan lautnya cukup lengkap daripada di daerah pegunungan yang tidak dekat dengan laut.


 Hal lain yang bisa anda temukan di pantai ini adalah tempat pelelangan ikan, anda akan menemukan pula deretan perahu nelayan yang lumayan banyak, berlabung dan membongkar tangkapan ikan. Pasar ikan yang menjadi pemandangan unik dan menambah wawasan anda mengenai kekayaan laut indonesia. Biasanya pantai dengan aktivitas nelayan terlihat suram dan kurang menyenangkan, tetapi pemda telah berhasil membuat pantai ini menjadi tujuan wisata, Prigi memiliki pasir kuning. Pemda Jawa Timur telah mengembangkan kawasan ini sebagai tempat pelelangan ikan terbesar di pantai selatan pulau Jawa. Sehingga aktivitas ekonomi di daerah inipun meningkat.
Pasir putihnya membentang kurang lebih 300 m, bersantai sambil menikmati sejuknya angin prigi, pantai ini sering dikunjungi keluarga maupun muda-mudi yang memadu kasih. Tiket masuk per-orang tidak terlalu mahal, cukup dengan Rp4.000,-/orang.

No comments: